Pages

Wednesday 15 May 2013

Detasemen Jala Mengkara

DENJAKA

Detasemen Jala Mengkara yang disingkat Denjaka merupakan salah satu pasukan berklasifikasi khusus yang dimiliki oleh TNI AL. 
Personil Denjaka merupakan hasil seleksi dari Pasukan Intai Amfibi Marinir dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL. Pembentukan Denjaka ini dikhusukan untuk operasi anti teror walaupun mereka juga bisa dioperasikan dimana saja terutama anti teror aspek laut. Pembentukan Denjaka didasarkan atas instruksi Panglima TNI kepada Komandan Korps Marinir No Isn.01/P/IV/1984 tanggal 13 November 1984. Denjaka memiliki tugas pokok membina kemampuan antiteror dan antisabotase di laut dan di daerah pantai serta kemampuan klandestin aspek laut.

Pasukan ini tertutup, hampir jarang pemberitaan di media massa, namun pada hakekatnya pasukan Denjaka ini mengemban tugas yang begitu penting dalam menjaga keutuhan wilayah Indonesia. Dalam masa damai pasukan Denjaka juga mengemban misi lain selain perang, juga di perbantukan di pasukan pengamanan pejabat tinggi negara, tamu negara, tentunya juga terlibat dalam latihan tempur dengan negara lain. Pasukan Khusus dari negara lain yang sering mengadakan latihan bersama dengan Denjaka adalah US Navy Seals, pasukan anti terornya angkatan laut Amerika Serikat.
Kenapa US Navy Seals begitu sangat ingin latihan bersama dengan Denjaka, ada pada dengan Denjaka??
Pasukan ini jarang di publish ke media, kemungkinan dari aspek kemampuan lebih mumpuni dari Kopassus, prinsip padi, semakin berisi semakin menunduk dan diam itu emas. Selain itu banyak keahlian yang dimiliki namun tidak dipublikasikan ke media.
Semoga Denjaka semakin maju, semakin jaya, tetap selalu menjaga keutuhan NKRI, 
berdiri tegak dengan senjata yang modern, siap menumpas siapa saja yang mengganggu keutuhan NKRI
Tampak foto latihan di pantai, menyerang dari laut ke darat, salah satu kemampuan yang dimiliki oleh Denjaka, terdiri atas personil Intai Amfibi Marinir yang memang dibentuk dengan memiliki kemampuan untuk menguasai daerah pantai sebelum pasukan serbu/infanteri di terjunkan. Dengan keunggulan sebagai pasukan khusus dibentuk dari dua gabungan pasukan khusus yakni Intai Amfibi Marinir dan Kopaska, dengan sedikit pasukan mampu menguasai pantai, tentunya dengan operasi silent,,sungguh luar biasanya, pantas saja US Navy Seals sangat begitu berhasrat ingin latihan bersama..
Operasi dari laut di laut, dengan peralatan sea rider mampu menyelinap ke kapal lain yang lebih besar yang diduga ada teroris atau perompak..
 Berbaris rapi, dengan seragam hitam, senjata modern, langkah tegap makin bangga dengan Denjaka
Selain aspek laut, Denjaka juga mumpuni dalam penanggulangan anti teror di darat, nampak foto di Bandara, sungguh pasukan elit yang komplit, segala aspek dimiliki Laut yang menjadi aspek utamanya, namun juga di darat dan di udara, Denjaka dapat diandalkan..
Pembebasan sandera di darat, makin memantapkan bahwa kemampuan Denjaka bukan hanya di laut saja, namun di darat, Denjaka patut di perhitungkan,,Bravo Denjaka..
Lambang Kebesaran Denjaka  dengan semboyan "Satya Wira Dharma"
Semoga Denjaka Makin Jaya
Salam Komando..





No comments:

Post a Comment