Pages

Saturday 25 May 2013

Perjalanan Ke Sumedang



Kabupaten Sumedang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat  dengan Ibu Kotanya adalah Kota Sumedang. Secara geografis Sumedang berada pada koordinat 60 51’ 35” LS dan 1070 55’ 15” BT. Perjalanan kami ke Sumedang dimulai dari Jakarta.
Sebelum berangkat ke Sumedang, malan harinya kami berdua menyiapkan semua persiapan yang akan dibutuhkan terutama adalah pakaian, perlengkapan mandi, dan uang saku. Alternatif kendaraan yang dapat digunakan untuk menuju Sumedang kurang lebih ada tiga alternatif. Pertama dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan menggunakan motor atau mobil. Kedua dengan menggunakan bus umum, pelancong dapat ke Terminal Kampung Rambutan, disana ada bus umum yang langsung menuju Kota Sumedang. Bus nya biasanya dengan kursi 2-3 AC dengan tarif Rp. 30.000,- Rp.50.000,-. Jika tidak menemukan bus yang langsung ke Kota Sumedang, pelancong dapat menggunakan bus jurusan Bandung di Terminal Lebak Bulus, biasanya bus ke Bandung dengan kursi 2-2 dengan tarif Rp. 40.000,- Rp. 60.000,- kemudian dari Bandung naik bus jurusan Cirebon atau Kuningan yang melewati Kota Sumedang. Ketiga dengan menggunakan kendaraan travel, berdasarkan pengalaman kami, kami tidak menemukan kendaraan travel yang langsung melayani rute Jakarta – Sumedang, yang ada rute Jakarta – Bandung kemudian disambung Bandung – Cirebon atau Kuningan yang melewati Kota Sumedang, hal ini hampir sama jika menggunakan bus.
Dari berbagai alternatif kendaraan yang ada, akhirnya kami putuskan untuk menggunakan bus umum dari Terminal Kampung Rambutan. Tepat pukul 14.00 WIB kami berangkat dengan menggunakan bus dengan kursi 2-3 tarif Rp. 35.000,-, dalam perjalanan bus ini tidak langsung menuju tol, namun setelah keluar dari Terminal bus ini berhenti untuk menaikkan penumpang. Hal yang perlu diwaspadai oleh penumpang, selain bus ini menaikkan pedagang makanan dan minuman, juga menaikkan pengamen. Pengamen biasanya naik diperempatan Pasar Rebo berjumlah rata-rata 2 orang dengan tampang yang serem atau tampang preman. Setelah berputar di perempatan Pasar Rebo, bus langsung menuju tol TB Simatupang kemudian disambung ke Tol Padalarang menuju Bandung. Dari Bandung bus menuju ke Cimahi kemudian ke Cileunyi dan akhirnya sampai ke Sumedang. Total waktu perjalanan 3-4 jam.
Dari Cileunyi menuju Sumedang, akan melewati kampus IPDN di Jatinangor dan melewati jalan yang sangat terkenal dan perlu kehati-hatian yakni jalan Cadas Pangeran. Selama melewati jalan ini harap berhati-hati, karena kondisi jalan yang sempit, kemudian dari arah yang berlawanan akan sering berpapasan dengan bus malam dari Cirebon, Kuningan dan dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur, selain bus malam juga akan berpapasan dengan truk-truk ukuran besar yang akan menuju Bandung dan Jakarta.
Dalam perjalanan akan banyak ditemui tempat persinggahan untuk sejenak beristirahat tentunya disertai dengan makanan khas sunda, ada makan seafood dan ubi. Dari Bandung ke Sumedang bagi pelancong tidak usah khawatir, seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa dari Bandung ke Sumedang akan banyak kendaraan travel, namun yang perlu diingat harus pesan lewat telepon terdahulu kemudian menuju ke tempat pemberhentian travel, tarif yang diberlakukan adalah tarif Bandung ke Cirebon atau Kuningan kurang lebih kisaran Rp. 70.000,- bergantung kondisi kendaraan, semakin nyaman kendaraan tentunya harga juga akan semakin naik.
Kota Sumedang merupakan sebuah kota kecil, titik –titik keramanian hanya disekitaran itu-itu saja, untuk tempat penginapan lumayan banyak. Harga penginapan mengikuti kualitas kamar, untuk referensi hotel di sumedang pelancong dapat mencarinya lewat Google, namun informasi ada harga penginapan yang sekita Rp. 100.000 an sampai Rp. 500.000,-.
Untuk makanan, seperti umumnya Kota-kota di Jawa Barat, pelancong akan disediakan makanan khas Sunda, ada seafood, karedok, dan lain sebagainya. Namun berdasarkan pengalaman kami, sebelum mencari hotel sembari menghilangkan lapar, kami mampir di tukang Sop daging sapi Madura yang berada di samping perempatan Polres Sumedang tepatnya di depan Gedung BRI.
Untuk oleh-oleh, jangan lupa bawa Tahu Sumedang. Oleh-oleh ini banyak ditemui dipinggir jalan selama anda di daerah Sumedang...
Sekian...Terima kasih,..

by M. Nur Afif
Travelling

No comments:

Post a Comment