Pages

Friday 17 May 2013

Premanisme di Indonesia



Kata premanisme merupakan salah satu yang sedang santer disebut di media massa, dari mulai pagi hingga sore berita tentang premanisme tak habis-habisnya dibahas, dari mulai kasus yang kecil hingga kasus yang besar.
Lalu, apa sih premanisme itu???
Premanisme berasal dari kata preman, dalam Kamus Bahasa Indonesia online, kata preman diartikan sebagai sebutan kepada orang jahat (penodong, perampok, pemeras, dan sebagainya). Dalam berbagai tulisan yang dimuat dibeberapa artikel, asal kata preman merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yaitu “Free Man” dan bahasa Belanda yaitu “Vrijman” yang berarti orang bebas, merdeka, tanpa ikatan, orang yang tidak bisa diatur oleh siapapun sehingga kata preman menjadi sebuah bentuk indoktrinasi. Dari cikal bebas ini kemudian menjadi hasrat berbuat tanpa ada penghalang sesuai keinginan.
Kasus terkait premanisme di Indonesia...
Sebenarnya arti preman telah mengalami perkembangan makna dari zaman Belanda. Dari www.merdeka.com tentang asal usul preman di Indonesia bahwa pada zaman kolonial sebenarnya istilah preman dikaitkan dengan mereka yang tidak ingin bekerjasama dengan pemerintah kolonial karena memang menolak penindasan atau karena idealismenya yang tidak ingin menjadi anteknya penjajah. Bahkan banyak vrijman atau preman yang dihubungkan dengan sejarah pejuang bangsa ini. Contohnya banyak di film-film Indonesia yang mengisahkan kisah perjuangan seorang pejuang yang kerja merampok tuan-tuan tanah, para orang Belanda yang kemudian harta hasil curiannya dibagikan kepada masyarakat sekitar.
Kata preman bagi orang Indonesia, berasal dari kata Vrijman, namun karena lidah orang Indonesia akhirnya menyebut Vrijman menjadi preman.
Seiring perkembangan zaman, bahwa muncul jagoan yang brutal, tidak lagi berjuang untuk masyarakat bahkan akhirnya menjadi kaki tangan para tuan tanah, seperti menagih hutang yang tidak luput disertai dengan kekerasan, menjaga tanah sengketa, bahkan yang tidak kalah kejam mereka juga menjadi antek penjajah.
Dari kisah zaman kolonial jika dibandingkan dengan kondisi Indonesia sekarang tanpa ada perbedaan, bahkan preman telah mengalami evolusi, jika pada zaman kolonial mereka menjadi bawahan atau suruhan tuan tanah dan penjajah sedangkan pada zaman sekarang justru preman telah menjalin kerjasama dengan para politisi, pebisnis bahka diduga menjalin kerjasama dengan aparat pemerintah terutama yang memiliki tugas dibidang ketertiban dan keamanan. Jika benar yang terjadi adalah demikian, berarti preman bukan lagi menjadi bawahan melainkan telah memposisikan diri setara dengan pihak yang akan mereka ajak kerjasama. Bahkan evolusi yang begitu pesat, bahwa preman telah masuk ke dunia bisnis dan politik, mereka menggunakan uang hasil kejahatan untuk membuka bisnis baru dan istilah ini dikenal dengan pencucian uang.

Beberapa tokoh yang dikaitkan dengan premanisme di Indonesia ..Hercules

John Kei

 Klewang,,Geng Motor asal Pekanbaru yang sedang naik daun pemberitaannya

Bentrok Antar Preman....

No comments:

Post a Comment