Pages

Tuesday 22 September 2015

Kebakaran Hutan



Beberapa minggu ini saudara-saudara kita di Pulau Sumatera dan Kalimantan berjibaku dengan asap yang ditimbulkan dari dibakarnya hutan dikedua pulau tersebut. Pengalaman pribadi saya dapatkan ketika mengunjungi Kabupaten Barito Timur, selama 2 hari asap begitu tebal terutama pada pagi hari dan menjelang malam hari. Pada 2 hari tersebut, jika siang hari matahari seperti rembulan pada malam hari, dapat dibayangkan bagaimana tebalnya asap tersebut. Pada malam hari, sekitar pukul 20.00 waktu setempat jarak pandang kurang dari 50 meter.
Akibat dari asap yang ditimbulkan oleh dibakarnya hutan tersebut, kegiatan sekolah diliburkan dan ancaman penyakit infeksi saluran pernapasan serta sakit mata. Bagi saya yang baru mengalami suasana kabut asap mungkin begitu heboh dalam menanggapinya, namun sudah biasa bagi mereka yang tinggal di daerah tersebut, namun bagaimana pun itu biasa atau tidak biasa, kabut asap telah mengganggu kehidupan manusia. Gara-gara asap kesehatan manusia dipertaruhkan.
Kemunculan asap ini, kalau kita membaca di media lokal disebabkan oleh dibakarnya hutan produksi oleh perusahaan tertentu, baik untuk membuka lahan atau mencari sumber cadangan batubara. Menjadi heran kenapa di media nasional, kebakaran hutan jarang diekspose ya??
Gara-gara asap juga, sejumlah penerbangan di tunda bahkan dibatalkan hingga batas waktu yang tidak ditentukan, yang kejam bukan asapnya namun PERUSAHAAN ATAU PIHAK-PIHAK TERTENTU YANG MEMBAKAR HUTAN UNTUK KEPENTINGAN PRIBADI DAN BISNIS KELOMPOK TERTENTU.
Penanganan kabut asap pun terkesan lambat, tidak jelas menjadi kewenangan siapa untuk menggerakan sumber daya yang ada dalam rangka memadamkan titik api. Ada satuan kerja yang memiliki sumber daya untuk memadamkan seperti mobil pemadam kebakaran namun solarnya tidak ada, ada yang sudah stand by dengan personilnya namun tidak jelas arah perintahnya. Semoga dengan adanya bencana asap ini, kita semua dapat pembelajarannya.
Yang pasti dan sangat ditunggu adalah TANGKAP PEMILIK PERUSAHAAN YANG SENGAJA MEMBAKAR HUTAN, TIDAK ADA YANG DILINDUNGI SIAPAPUN ITU PEMILIKNYA. AYO BUKTIKAN POLRI MAMPU...

No comments:

Post a Comment