Pages

Saturday 24 August 2013

Code Generator Sebagai Fitur Keamanan Tambahan Media Sosial

Oleh MNA
Perkembangan media sosial di dunia ini sangat berkembang begitu pesat, hampir secara real time setiap insan manusia dapat selalu berhubungan. Perkembangan yang begitu pesat tentunya telah melahirkan ancaman terhadap penggunaan media sosial, ancaman yang paling berbahaya dan tentunya sangat merugikan kita adalah pembajakan akun media sosial kita.
Dalam rangka mengamankan akun penggunanya beberapa media sosial seperti facebook, google (yang digunakan untuk masuk kedalam blogger) telah melengkapi fitur keamanannya berupa code generator. Prinsip keamanan code generator ini sebagai fitur keamanan setelah pemilik akun memasukan username dan password, jika antara username dan password benar maka langkah selanjutnya adalah dengan memasukan code generator.
Code generator, berarti jika dibahasakan ke dalam bahasa Indonesia, adalah pembangkitan kode. Kode yang dibangkitkan inilah yang dimasukan ke dalam media sosial setelah benar memasukan username dan password. Lalu bagaimana mendapatka code generator? Untuk mendapatkan code generator caranya sangat mudah yakni hanya tinggal mendaftarkan nomor handphone dalam pilihan keamanan di media sosial. Fungsi dari nomor handphone ini adalah sebagai media penerima code generator yang dikirim oleh server media sosial yang kita gunakan. Sepengetahuan penulis sampai tulisan ini dibuat, media sosial yang telah menggunakan code generator baru facebook dan google. Code generator yang dikirim ke handphone kita berupa sms berisi pesan sebagai berikut :
Untuk code generator facebook “ Your Facebook security code : (enam angka)” dan untuk google “Kode verifikasi Google Anda adalah (enam angka)”. Code generator ini selalu berbeda sesuai waktu kita log in ke media sosial tersebut, jadi code generator sebelumnya tidak dapat digunakan untuk log in ke depannya atau di waktu yang berbeda, jadi code generator ini hanya dapat digunakan sekali saja. Namun jika tidak mendapatkan sms, kita masih dapat memanfaatkan fungsi panggilan, jadi nanti dari server facebook atau google akan menelepon ke nomor handphone kita memberi tahu code yang harus dimasukan.
Penggunaan code generator, awalnya sangat ribet karena harus melakukan tiga langkah untuk masuk ke akun media sosial kita, memasukan username, password, kemudian code generator, namun tidak usah khawatir karena penggunaan code generator ini dapat disetting apakah hanya sekali memasukan code generator pada browser yang sama atau harus setiap kali memasukan di setiap kali kita log in ke akun media sosial kita di browser yang sama, itu semua dikembalikan ke pengguna, intinya “keamanan akan berbanding terbalik dengan kenyamanan”. Jika anda ingin aman maka harus berani mengorbankan kenyamanan. Ingat Hidup itu adalah pilihan.

Keuntungan menggunakan code generator antara lain meskipun ada orang lain yang mengetahui username dan password akun kita, namun mereka tidak dapat masuk ke akun kita karena harus memasukan code generator dan code generator hanya dikirim ke nomor handphone kita yang telah didaftarkan terlebih dahulu. Jadi kalau ada yang coba-coba masuk ke akun kita, kita jadi tahu. Namun meskipun bertambah aman, yang namanya keteledoran tetap masih ada, maka untuk lebih memastikan keamanan akun kita, saran untuk penggunaan code generator ini dipakai setiap kali kita akan masuk ke akun kita, jadi nanti ketika kita akan memasukan code akan ada pilihan apakah untuk masuk ke akun kita di browser yang sama harus memasukan code lagi atau tidak? Disarankan setiap masuk ke akun di browser yang sama tetap harus memasukan code, hal ini biar lebih aman saja. Khawatirnya jika hanya sekali memasukan code di browser yang sama, maka untuk masuk ke akun yang sama, tidak akan memasukan code lagi karena browser menyimpan cache atau informasi log in kita dan apabila ada orang yang membuka browser yang kita gunakan dan membuka media sosial kita kebetulan orang tersebut tahu username dan password kita, bisa di bajak dah media sosial kita? Saran, setelah membuka browser, selalu bersihkan browser kita dari history atau cache yang dapat kita atur sesuka hati kita, disarankan setiap kali kita log out dari komputer atau laptop kita maka secara otomatis browser akan bersih kembali.
Lalu bagaimana memasang atau menambahkan code generator di akun media sosial kita?? Silahkan dapat di cari di Google...
Sekian terima kasih...

No comments:

Post a Comment