Pages

Monday 30 December 2013

Bahaya Sering Menyantap Makanan Instan

REPUBLIKA.CO.ID, Diabetes mellitus (DM) tak hanya menyerang orang dengan riwayat DM tapi juga pada orang yang berpola makan tidak baik. ''Terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan, kurang mengkonsumsi makanan berserat, serta olahraga yang tidak teratur dapat memicu diabetes,'' ujar dokter Asep Saeful Rohmat SpPD, spesialis penyakit dalam RS Pusat Pertamina, Jakarta. 
DM adalah penyakit metabolisme yang ditandai oleh meningkatnya kadar gula darah akibat kelainan kerja hormon insulin. Memang, penyakit yang di Indonesia merupakan pembunuh manusia nomor tiga setelah jantung dan kanker ini, tidak dapat disembuhkan. Namun ia dapat dikontrol. 
Dengan kemauan dan sedikit disiplin, upaya mengontrol DM bukanlah pekerjaan yang sulit. ''Perencanaan makan, olahraga secara teratur, serta minum obat hipoglikemik (obat oral atau insulin) adalah tiga langkah yang harus dijalani penderita seumur hidupnya jika ingin tetap sehat.'' 
Diabetesi juga disarankan berhati-hati dalam memilih obat. Obat tradisional atau jamu yang konon bisa menormalkan kadar gula darah harus diwaspadai. ''Jangan sampai ginjalnya rusak oleh racun yang berasal dari ekstrak jamu,'' lanjut Asep.
Menurut Asep, lebih baik diabetesi mengandalkan obat sintetis yang dianjurkan dokter. ''Meski dikonsumsi seumur hidup tidak akan membawa efek samping.'' Namun jika tetap yakin akan keampuhan obat tradisional, Asep tak melarang untuk mencobanya. Hanya saja sebaiknya tetap mengkonsumsi obat dokter dan konsultasi secara berkala. 

No comments:

Post a Comment