Pages

Wednesday 24 July 2013

Forum Online

by MNA

Forum online seyognya adalah media yang dipakai untuk bertukar pendapat/informasi antar anggota melalui saluran internet. Dengan adanya forum online ini harapannya tetap dapat bertukar pendapat/informasi tanpa harus bertemu secara langsung face to face antar sesama anggota.
Media forum online yang paling banyak digunakan karena mudah dan murah adalah group e-mail umumnya menggunakan yahoo dan gmail. Namun ada juga memakai domain sendiri baik yang gratis sampai berbayar. Dengan adanya forum online ini setiap anggota selalu update akan informasi bahkan jika ada pertanyaan, pernyataan, ide, gagasan atau yang lainnya dapat disampaikan di forum online ini dan seketika juga dapat tanggapan dari sesama anggota.
Namun disamping mempunyai dampak yang positif ternyata forum online ini juga ada yang memberi dampak negatif bahkan dapat berujung pada provokasi dan fitnah. Forum online yang seperti ini biasanya forum online yang sifatnya OPEN sehingga siapa saja dapat mendaftar dan memberikan komentar tanpa ada proses untuk membuktikan identitas kebenaran orang yang mendaftar. Biasanya terjadi pada forum online yang isinya menghujat antar negara, agama, ras dan suku. Siapa saja boleh menyampaikan pendapat dan berkomentar tanpa adanya kontrol bahkan nama pengirimpun dapat disamarkan. Bahkan yang lebih parah lagi adalah forum online esek-esek, jika kita mempunyai dendam dengan teman kita dapat memasukan nomor teman kita kemudian diberi deskripsi yang menjurus ke hal yan berbau esek-esek.
Maka sudah saatnya Pemerintah terutama Kominfo memfilter bahkan memblok forum online yang bebas tanpa batas ini, jika terus dibiarkan pada hakekatnya berarti kita membiarkan fitnah tetap terjadi di negeri ini.

No comments:

Post a Comment