Pages

Monday 29 July 2013

Media Sosial



Media sosial merupakan salah satu kata yang sering kita dengan pada akhir-akhir ini, kemunculannya telah menjadikan media sosial sebagai bagian dari sisi kehidupan umat manusia. Hampir disemua tempat, disetiap waktu orang akan selalu mengakses media sosial ini bahkan ketika sambil jalan, naik kendaraan umum, mau tidur atau saat bangun tidur.
Dengan perkembangan teknologi terutama alat komunikasi seperti handphone, smartphone, gadget telah mendukung kemajuan penggunaan media sosial dikalangan masyarakat, bukan lagi dominasi masyarakat perkotaan namun sudah merambah ke masyarakat pedesaan, bukan monopoli mahasiswa di perguruan tinggi namun sudah sangat digemari oleh para siswa di sekolah dasar, menengah pertama maupun atas.
Lalu apa itu media sosial? Media sosial dalam situs Wikipedia adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa degan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Sedangkan Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefiniskan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content”.
Lalu media sosial apa saja yang paling banyak dikenal di masyarakat Indonesia? Pertama ada friendster, facebook, blogspot, youtube wordpress, twitter,Linkedln, MySpace, twitter dan Google +, dan masih banyak lagi, namun yang umum diakses di Indonesia adalah facebook, twitter dan youtube. Selain itu juga dengan perkembangan media sosial yang baru-baru ini sedang menggeliat antara lain ada Whatsapp, Line, Kakao Talk, dimana pengguna dapat bertukar pesan dengan cepat bahkan dapat menelepon.

Description: http://chip.co.id/asset/public/articles/images/google_kini_jadi_media_sosial_kedua_di_bawah_facebook_130128.jpg
Description: http://cdn.thenextweb.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2013/03/WAS2013.png
Description: http://cdn.thenextweb.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2013/03/WAS2012.jpg
Semakin kesini penggunaan media sosial semakin meningkat, tentunya penggunaan media sosial ini mempunyai dampak positif dan negatif, hal ini tidak dapat dipungkiri karena sudah seperti hukum alam. Lalu apa saja dampak positif dan negatif dari media sosial itu?
Dampak positif dari adanya media sosial yang paling mendasar yakni mempermudah komunikasi antar manusia. Jarak ribuan mil dapat teratasi dengan adanya media sosial ini. Jika kita berkomunikasi dengan lawan kita yang jaraknya sangat berjauhan seperti hanya dibatasi oleh tembok. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan hidup serta ide kreatif manusia, media sosial bukan hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi namun juga sudah merambah ke kebutuhan hidup lainnya, misalnya untuk berdagang secara online, jual tiket, jual jasa atau promosi produk lainnya.
Namun sudah seperti menjadi hukum alam, jika ada dampak positif pasti juga ada dampak negatifnya. Dunia maya sama persisnya dengan dunia nyata, mungkin hanya dimensi saja yang membedakan. Di dunia nyata ada penjahat, provokator sama juga di dunia maya. Bentuk penyalahgunaan media sosial sehingga memberi dampak negatif antara lain :
1.    Menipu secara online, contohnya kasus undian berhadiah, terkadang mereka memanfaatkan media sosial sehingga nampak asli dengan web resminya;
2.    Untuk upaya provokasi, contohnya dengan membuat group yang berbau provokasi, dihasut atau menampilkan informasi yang kebenarannya masih dipertanyakan;
3.    Jual jasa prostitusi;
Dan tentunya masih banyak lagi...
Kalau ada yang mempunyai pendapat lain silahkan disampaikan,,terim kasih

No comments:

Post a Comment